Postingan

SUMATIF

 TES SUMATIF  Tes Sumatif Akhir Bab adalah bentuk evaluasi yang dilakukan setelah suatu bab atau unit pembelajaran selesai dipelajari. Tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana murid telah memahami dan menguasai materi yang telah diajarkan. 📚 Ciri-ciri Tes Sumatif Akhir Bab Dilaksanakan di akhir pembelajaran suatu bab atau topik. Menilai pencapaian kompetensi secara menyeluruh. Biasanya mencakup berbagai bentuk soal: pilihan ganda, isian, uraian, atau praktik. Digunakan sebagai dasar penilaian akhir (nilai rapor atau kelulusan bab). 🎯 Fungsi Tes Sumatif: Memberikan gambaran tentang keberhasilan belajar siswa. Menjadi bahan refleksi bagi guru untuk memperbaiki metode pembelajaran. Menentukan tindak lanjut pembelajaran, seperti remedial atau pengayaan. Link Tes Sumatif  Bahasa Arab: TES SUMATIF KELAS VII TES SUMATIF KELAS VIII TES SUMATIF KELAS IX

Tasrif fi'il madhi

  Tasrif fi'il madhi adalah perubahan bentuk kata kerja dalam bahasa Arab (fi'il) yang menunjukkan waktu lampau (telah terjadi) , sesuai dengan pelaku (fa'il) yang melakukan pekerjaan tersebut. 1. Pengertian Fi’il Madhi Fi'il madhi ( الفعل الماضي ) adalah kata kerja yang menunjukkan peristiwa yang sudah terjadi (masa lampau).  Contohnya: كَتَبَ (kataba) = ia (laki-laki) telah menulis ذَهَبَ (dzahaba) = ia telah pergi 2. Tasrif Fi’il Madhi Tasrif berarti perubahan bentuk kata kerja berdasarkan pelaku (orang yang melakukan). Dalam fi'il madhi, tasrif dilakukan dengan mengubah akhiran kata kerja untuk menyesuaikan dengan jumlah (mufrad, mutsanna, jamak) dan jenis kelamin (mudzakkar atau mu’annats) dari pelaku. 3. Contoh Tasrif Fi'il Madhi dari كَتَبَ (telah menulis) Kata kerja Pelaku Artinya كَتَبَ هو (dia laki-laki) Dia telah menulis كَت...

DATA ASAL SANTRI ANDALUSIA

Gambar
 GEDUNG MADRASAH ANDALUSIA BANJARNEGARA Pendataan asal sekolah atau madrasah sebelum masuk di pondok pesantren andalusia banajarnegar Link PENDATAAN SANTRI ANDALUSIA

Memahami Soal Bacaan Tentang Keidahan Alam ( جَمَال الطبيعة )

    تَلُّ سِيْكُوْنِيْر دِيْيِنْغ        فِيْ أَيَّامِ العُطْلةِ الْمَدْرَسِيَة، يُرِيْدُ شافِعِى وَاَخُوْهُ الكَبِيْرُ يُوْسُفُ وَأَصْدِقَاؤُهُ اَنْ يَتَمَتَّعُوْنَ الْمَنَاظِرَ الطَّبِيْعِيَّةَ عَلَى تَلِّ سِيْكُوْنِيْر دِيْيِنْغ. لِأَنَّهُم لَا يَجِدُون تِلْكَ الْمَنَاظِرَ فِى مَسْكَنِهِم. ومِنَ الْمَنَاظِرِ غُرُوْبُ الشَّمْسِ وَشُرُوْقُهَا وَ بَحْرُ الْغُيُوْمِ تَحْتَ التَّلِّ.  وهُمْ يَذْهَبُوْن فِي النَّهَارِ بِالجَوَّالَة. وَفِي أَثْنَاءِ سِيْرَاتِهِمْ اِلَى تَلِّ سِيْكُوْنِيْر دِيْيِنْغ. هُم يَمُرُّوْنَ الْمَزَارِعَ وَحُقُوْلَ الْخَضْرَوَاتِ عَلَى سُفُوْحِ التَّلَالِ. "يَااَخيْ، اُنْظُرْ! هَذِهِ منَاظِرُ جَمِيْلَةٌ جِدًّا، مَا شاءَ الله." " نَعَم ، هَذَهِ مِن عِنْدِ الله. وَجَبَ عَلَيْنَا اَنْ نَشْكُرَ على نِعَمِ اللهِ وَنَتَمَتَّعَهَا وَنَحْفَظَها ". 1. مَا الَّذِي يُرِيدُ شَافِعِي وَأَخُوهُ يُوْسُفُ وَأَصْدِقَاؤُهُ خِلَالَ الْعُطْلَةِ الْمَدْرَسِيَّةِ؟ 2. لِمَاذَا يَذْهَبُ الْأَصْدِقَاءُ إِلَى تَلِّ سِيْكُوْنِيْر دِيْيِنْغ ؟ 3. مَا هِيَ...

Penilaian Harian Bahasa Arab Semester Genap

 Penilaian Harian Bahasa Arab Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025 Sumarif  Bahasa Arab Kelas VII Sumati Bahasa Arab Kelas VIII PH Bahasa Arab Kelas IX

Latihan 2 tentang Jumlah Ismiyah

Latihan 2 tentang Jumlah Ismiyah Pilih khobar yang sesuai dari Mubtada' Isim Dhomir , lalu terjemahkan ! ( ۱) انا (مُهَنْدِسُونَ - مُهَنْدِسٌ) ( ۲) اَنْتَ (طَبِيْبٌ - طَبِيْبَةٌ) (٣) اَنْتُمَا (فَلاَحَانِ- فَلَاحُوْنَ)  (٤) اَنْتُمْ ( مُسَافِرَاتٌ - مُسَافِرُوْنَ)   (٥) هُمَا (اُسْتَاذَاتٌ - اُسْتَاذَتَانِ) (٦) هُنَّ (مُطربات - مُطْرِبة) ( ۷) نَحْنُ (طَالِبُونَ - طَالِبَةٌ) ( ۸) هُوَ ( رَقَّاصٌ - رَقَّاصَةٌ) ( ۹) هِيَ ( تَاجِرَانِ - تَاجِرَةٌ)  ( ۱۰) اَنْتِ (لَاعِبٌ - لَاعِبَةٌ ) 

Latihan 1 tentang Jumlah Ismiyah

Latihan 1 tentang Jumlah Ismiyah Pilih khobar yang sesuai, lalu terjemahkan ! (١) الفَلاَحُ ) نَشِيْطَةٌ - نَشِيْطٌ)، ( ۲) الْمُتَعَلَّمُ وَالْمُعْلَمُ (شَرِيْكٌ - شَريكَانِ)، ( ۳) المنَافِقُوْنَ (فُسَّاقٌ - فَاسِقٌ)، (٤) الجَنَّةُ (مُعَدٌّ – مُعَدَّةٌ) لِلْمُؤْمِنِيْنَ (٥) الكَذِبُ (مُهيِّنُوْنَ - مُهِيْنٌ) (٦) أُمِي( مُجْتَهِدٌ – مُجْتَهِدَةٌ ) فيِ العَمَلِ   ( ۷) الأَسَاتِذَةُ (فَرِحَاتٌ - فَرِحُوْنَ) ( ۸) العُلَمَاءُ (مُكْرَمُوْنَ - مُكْرَمَاتٌ) ( ۹) النِّسَاءُ ) ذَاهِبُوْنَ – ذَاهِبَاتٌ (   ( ۱۰) الخَادِمَتَانِ (ضَاحِكَانِ - ضَاحِكَتَانِ)