Postingan

DATA ASAL SANTRI ANDALUSIA

Gambar
 GEDUNG MADRASAH ANDALUSIA BANJARNEGARA Pendataan asal sekolah atau madrasah sebelum masuk di pondok pesantren andalusia banajarnegar Link PENDATAAN SANTRI ANDALUSIA

Memahami Soal Bacaan Tentang Keidahan Alam ( جَمَال الطبيعة )

    تَلُّ سِيْكُوْنِيْر دِيْيِنْغ        فِيْ أَيَّامِ العُطْلةِ الْمَدْرَسِيَة، يُرِيْدُ شافِعِى وَاَخُوْهُ الكَبِيْرُ يُوْسُفُ وَأَصْدِقَاؤُهُ اَنْ يَتَمَتَّعُوْنَ الْمَنَاظِرَ الطَّبِيْعِيَّةَ عَلَى تَلِّ سِيْكُوْنِيْر دِيْيِنْغ. لِأَنَّهُم لَا يَجِدُون تِلْكَ الْمَنَاظِرَ فِى مَسْكَنِهِم. ومِنَ الْمَنَاظِرِ غُرُوْبُ الشَّمْسِ وَشُرُوْقُهَا وَ بَحْرُ الْغُيُوْمِ تَحْتَ التَّلِّ.  وهُمْ يَذْهَبُوْن فِي النَّهَارِ بِالجَوَّالَة. وَفِي أَثْنَاءِ سِيْرَاتِهِمْ اِلَى تَلِّ سِيْكُوْنِيْر دِيْيِنْغ. هُم يَمُرُّوْنَ الْمَزَارِعَ وَحُقُوْلَ الْخَضْرَوَاتِ عَلَى سُفُوْحِ التَّلَالِ. "يَااَخيْ، اُنْظُرْ! هَذِهِ منَاظِرُ جَمِيْلَةٌ جِدًّا، مَا شاءَ الله." " نَعَم ، هَذَهِ مِن عِنْدِ الله. وَجَبَ عَلَيْنَا اَنْ نَشْكُرَ على نِعَمِ اللهِ وَنَتَمَتَّعَهَا وَنَحْفَظَها ". 1. مَا الَّذِي يُرِيدُ شَافِعِي وَأَخُوهُ يُوْسُفُ وَأَصْدِقَاؤُهُ خِلَالَ الْعُطْلَةِ الْمَدْرَسِيَّةِ؟ 2. لِمَاذَا يَذْهَبُ الْأَصْدِقَاءُ إِلَى تَلِّ سِيْكُوْنِيْر دِيْيِنْغ ؟ 3. مَا هِيَ...

Penilaian Harian Bahasa Arab Semester Genap

 Penilaian Harian Bahasa Arab Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025 Sumarif  Bahasa Arab Kelas VII Sumati Bahasa Arab Kelas VIII PH Bahasa Arab Kelas IX

Latihan 2 tentang Jumlah Ismiyah

Latihan 2 tentang Jumlah Ismiyah Pilih khobar yang sesuai dari Mubtada' Isim Dhomir , lalu terjemahkan ! ( ۱) انا (مُهَنْدِسُونَ - مُهَنْدِسٌ) ( ۲) اَنْتَ (طَبِيْبٌ - طَبِيْبَةٌ) (٣) اَنْتُمَا (فَلاَحَانِ- فَلَاحُوْنَ)  (٤) اَنْتُمْ ( مُسَافِرَاتٌ - مُسَافِرُوْنَ)   (٥) هُمَا (اُسْتَاذَاتٌ - اُسْتَاذَتَانِ) (٦) هُنَّ (مُطربات - مُطْرِبة) ( ۷) نَحْنُ (طَالِبُونَ - طَالِبَةٌ) ( ۸) هُوَ ( رَقَّاصٌ - رَقَّاصَةٌ) ( ۹) هِيَ ( تَاجِرَانِ - تَاجِرَةٌ)  ( ۱۰) اَنْتِ (لَاعِبٌ - لَاعِبَةٌ ) 

Latihan 1 tentang Jumlah Ismiyah

Latihan 1 tentang Jumlah Ismiyah Pilih khobar yang sesuai, lalu terjemahkan ! (١) الفَلاَحُ ) نَشِيْطَةٌ - نَشِيْطٌ)، ( ۲) الْمُتَعَلَّمُ وَالْمُعْلَمُ (شَرِيْكٌ - شَريكَانِ)، ( ۳) المنَافِقُوْنَ (فُسَّاقٌ - فَاسِقٌ)، (٤) الجَنَّةُ (مُعَدٌّ – مُعَدَّةٌ) لِلْمُؤْمِنِيْنَ (٥) الكَذِبُ (مُهيِّنُوْنَ - مُهِيْنٌ) (٦) أُمِي( مُجْتَهِدٌ – مُجْتَهِدَةٌ ) فيِ العَمَلِ   ( ۷) الأَسَاتِذَةُ (فَرِحَاتٌ - فَرِحُوْنَ) ( ۸) العُلَمَاءُ (مُكْرَمُوْنَ - مُكْرَمَاتٌ) ( ۹) النِّسَاءُ ) ذَاهِبُوْنَ – ذَاهِبَاتٌ (   ( ۱۰) الخَادِمَتَانِ (ضَاحِكَانِ - ضَاحِكَتَانِ)

JUMLAH ISMIYAH

JUMLAH ISMIYAH   Jumlah Ismiyah a dalah susunan kalimat yang diawali dengan Isim . Atau jumlah yang terdiri dari mubtada’ dan Khabar .   MUBTADA' & KHOBAR Mubtada' da Khobar, Mubtada' adalah isim marfu' yang berada di awa alimat. Khobar adalah penyempurna mubtada. Contoh: اللهُ خَالِقٌ   ( Allah adalah pencipta). Lafal " اللهُ " sebagai mubtada' karena rada di awal kalimat. Sedangkan lafal " خَالِقٌ " sebagai khobar, arena menjadi penyempurna lafal " اللهُ ". Perhatikan contoh ontoh berikut! السَّيَارَةُ جَدِيْدَةٌ العِلْمُ نُوْرٌ المدْرَسَةُ كَبِيْرةٌ الوَلَدُ نَائِمٌ المِسْطَرَةُ طَوِيْلِةٌ الكِتَابُ نَافِعٌ الصُّوْرَةُ جَمِيْلَةٌ الأُسْتَاذُ قَائِمٌ الحجرةُ وَاسِعَةٌ البَابُ مُغْلَقٌ Kata yang bergaris bawah sebagai Mubtada’ sedang yang tidak  bergaris bawah sebagai Khobar. Antara mubtada’...

كان وأخواتها

كان وأخواتها Kaana dan saudara-saudaranya masuk pada jumlah ismiyah . Fungsinya atau Amalnya كَانَ وَأَخْوَاتُهَا adalah merafakkan Mubtada’ sehingga menjadi isimnya dan dan menasobkan Khobar sehingga menjadi khobarnya Kana .   Contoh:   كَانَ زَيْدُ عَالِمًا (Zaed adalah orang alim). Sebelum dimasuki "kaana" adalah زيدٌ عالمٌ . Keterangan:   كَانَ زَيْدٌ عَالِمًا Khobaru Kana mansub tandanya Fathah عَالِمًا Ismu Kana marfu’ tandanya dhomah زَيْدٌ     Kaana dan saudara-saudaranya ada 13, yaitu: كَانَ، أَمْسَى، أَصْبَحَ، أَضْحَى ظَلَّ، بَاتَ، صَارَ، لَيْسَ، مَازَال، ما انْفَكَ، مَافَتِي، مَا بَرِحَ، مَا دَامَ . كان (menunjukkan zaman lampau, menjadi, adalah, tanpa arti) contoh كَانَ مُحَمَّدٌ عَالِمًا (Muhammad adalah orang yang alim).   اَمْسَى ) pada waktu sore, menjadi ( contoh امسى كَرِيمٌ مَرِيضًا (Karim sakit pada waktu sore).       أصبح ) pada waktu pagi, menjadi ( ...